Pemindahan burayak

Pemindahan burayak merupakan pekerjaan yang paling memerlukan perhatian bagi peternak lobster. Pemindahan burayak ini biasanya dilakukan pada umur 2 minggu setelah semua burayak turun dari indukan. Pada umur dua minggu burayak diyakini lebih kuat atau lebih tahan untuk dipindahkan ke kolam pembesaran burayak.

Burayak yang akan dipindahkan ini disedot dengan mengunakan selang air yang pada bagian ujungnya disaring dengan mengunakan serokan atau keranjang yang berlubang halus sehingga burayak tidak terhanjut. Bila mengunakan pralon sebagai umpetan, maka pada saat umpetan itu dikeluarkan dari aquarium burayak yang masih bersembunyi dapat dikocok ke serokan. Ada yang langsung menyerok umpetan tersebut dari aquarium tersebut kemudian mengocoknya satu persatu.

Setelah air yang ada pada aquarium setelah di sedot maka untuk mengeringkannya dapat mengunakan busa / Sponge. Busa ini juga dapat membantu untuk mengangkat burayak yang masih tersisa di aquarium.

Setelah semua burayak diangkat dari aquarium, maka burayak sudah siap untuk dipindahkan ke kolam pembesaran burayak. Pada saat burayak yang dipindahkan ke kolam burayak tersebut dihitung dengan tujuan mengetahui tingkat keberhasilan dan perkembangan dari burayak tersebut.

Pemindahan burayak ini biasanya mengandung resiko matinya burayak pada masa pemindahannya. Penyebabnya bisa karena perbedaan suhu maupun kecelakan pada saat pemindahan. Maka sebaiknya pemindahan ini dilakukan pada saat suhu yang tidak terlalu panas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: