Teliti sebelum Beli Maskoki

Bila tertarik membeli maskoki sebagai penghuni akuarium, Anda perlu mencermati beberapa hal. Sebut saja, kondisi sekujur tubuh, pola warna yang dimiliki, perilaku dan gerakannya. Ini harus diperhatikan daripada harus menelan kecewa di kemudian hari. Oleh sebab itu, ketelitian menjadi acuan nomor satu.
Di pasaran, beragam turunan (strain) maskoki yang ditawarkan. Ada yang badannya berbentuk bulat, seperti bola. Ada pula yang punya ”brokoli” warna merah di pinggir lubang hidungnya. Belum lagi soal warna. Dari warna polos, macam hitam, merah, putih sampai kombinasi dua hingga tiga warna yang disebut calico.
Ragam bentuk fisik, tentu akan mempengaruhi harga si maskoki. Mau cari kelas ribuan rupiah sampai yang berbanderol jutaan rupiah juga mudah. Maskoki berharga mahal itu biasanya yang sudah pernah menjadi kampiun dalam sebuah kontes. Tetapi bukan berarti pula maskoki penghuni akuarium rumah berkualitas rendah.
Menurut Ir. Agus A. Budhiman, M. Aq – pakar maskoki dari Departemen Kelautan dan Perikanan, maskoki yang prima punya tubuh sehat dan normal. Ini bisa dilihat dari sirip yang sempurna, tak ada bagian yang rusak ataupun cacat.
Jumlah sirip maskoki bervariasi, tetapi biasanya ada tujuh buah. Kata Agus, ada dua yang yang berpasangan: sirip dada, sirip perut atau sirip tengah. Dan sisanya di punggung, anus dan ekor. Jenis lionhead hanya bersirip enam karena tak punya sirip punggung.
Sirip maskoki yang berkategori baik kalau bentuknya normal, panjang maupun lebarnya sesuai kriteria masing-masing jenis. ”Posisi sirip punggung tegak dan tidak menguncup,” sebut Agus yang pernah melansir buku Maskoki bersama rekannya, Pinus Lingga. Sirip lain mekar kedudukannya, utamanya pada sirip ekor.
Bila sirip bagus, Anda jangan lupa memperhatikan kondisi warna dasar. Maskoki yang dipelihara di tempat cahaya berlebihan atau tempat yang kaya dengan batu-batuan yang memancarkan warna cerah, warna tubuh ikan ini takkan cerah. Kondisi terlihat jelas bila kita bandingkan dengan ikan yang dipelihara di akuarium berlatar belakang agak gelap atau suram warnanya.
Maskoki yang baik juga punya sisik yang berkualitas. Paling tidak, ada 26 – 36 sisik dihitung mulai dari tutup insang sampai ke bagian ekor. Bila dicermati secara saksama, pada maskoki ada titik-titik melintang pada sepanjang tubuhnya. Menurut Agus, ada tiga macam sisik pada berbagai tipe maskoki: metalik, calico atau comet dan tanpa sisik/mattfish. (bay)Sumber:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: